Kane, Ronaldo, Messi, Mbappe

Prediksi Tim Yang Lolos Semifinal Piala Dunia

Masih ingat dengan prediksi 4 tim semifinalis sebelum dimulainya Piala Dunia 2018? Terbukti ramalan mereka salah semua.

Si babi dukun salah, Jose Mourinho salah, dan perusahaan data Opta juga salah. Dengan tersingkirnya Jerman di babak penyisihan grup tentu mengagetkan semua orang, namun sekaligus juga meruntuhkan prediksi dukun-dukun serta komentator terkemuka seperti Jose Mourinho.

Kane, Ronaldo, Messi, Mbappe

Jose Mourinho.

Mourinho yang juga merupakan manajer Manchester United itu membuat prediksi bahwa Portugal, Brasil, Argentina dan Jerman akan lolos ke semi final Piala Dunia 2018 di Rusia. Dengan Jerman tersisih maka prediksinya tinggal 75% benar. Tapi itu pun juga tak mungkin seratus persen terwujud. Kalau pun Portugal dan Argentina sama-sama berhasil menaklukkan Uruguay dan Prancis di babak 16 besar maka keduanya sudah saling bertemu di babak perempat final. Jadi mustahil keduanya bisa lolos ke semi final. Salah satu saja.

Aturannya bahwa pemenang dari Prancis vs Argentina dan pemenang dari Uruguay vs Portugal akan bertemu satu sama lain pada babak perempat final. Kalau hendak menyalahkan, ya salahkan FIFA yang bikin aturannya atau salahkan Lionel Messi dan Argentina kenapa finish urutan kedua Grup D sehingga ketemu Prancis di babak 16 besar dan Portugal di perempat final.

Sebagai salah satu favorit sudah diplot agar Argentina lolos sebagai juara Grup D dan kemudian bertemu Denmark di 16 besar sebelum akhirnya berjumpa Spanyol di perempat final. Nasib menentukan jalur hidup yang berbeda. Jadi tinggal 50% prediksi Jose Mourinho yang tepat. Brasil, dan salah satu dari Portugal atau Argentina.

Si babi dukun Mystic Marcus.

Dia meramalkan Belgia, Argentina, Nigeria, dan Uruguay sebagai empat semifinalis. Nigeria sudah dicoret. Uruguay sama juga. Kalau skuad Luis Suarez dan Edinson Cavani ini menang dari hadangan Portugal di 16 besar, mereka akan berjumpa Prancis atau Argentina di perempat final. Tak mungkin dua-duanya lolos semifinal. Cuma sisa Belgia. Jadi hari ini saja sudah terbukti 50% prediksinya salah.

Perusahaan Data Opta.

Perusahaan ini mengunggulkan Brasil, Jerman, Prancis dan Argentina sebagai empat favorit teratas. Jerman sudah dicoret. Prancis dan Argentina sudah ketemu di 16 besar. Cuma satu yang bisa lolos ke semifinal. Brazil. Jadi juga cuma sisa 50% yang benar.

Dengan demikian sudah terlihat dengan jelas ramalan-ramalan tersebut 50% kurang akurat. Tim Inggris, Belgia, Croatia, Denmark dan Swedia bisa saja mampu menorehkan prestasi tinggi pada perhelatan Piala Dunia kali ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.