UEFA CHAMPIONS LEAGUE

Klub Peserta Liga Champions Eropa Musim 2018/2019

UEFA CHAMPIONS LEAGUE


Liga-liga top Eropa telah menyelesaikan semua pertandingan kompetisi musim 2018, dan telah kita ketahui bersama klub-klub mana saja yang berhak mengikuti Liga Champions musim mendatang.

Berikut adalah 26 dari 32 peserta babak penyisihan grup untuk Liga Champions musim 2018/2019. Di antaranya adalah empat tim masing-masing dari Liga Spanyol, Liga Italia, Liga Jerman dan Liga Inggris.

Kemenangan dramatis Inter Milan atas Lazio pada putaran terakhir Liga Italia menggenapkan empat wakil Serie A di kompetisi Liga Champions. Keempatnya adalah berturut-turut mulai sang juara Juventus, Napoli, AS Roma dan Inter Milan.

Sementara itu hasil yang kurang dramatis terjadi di tiga liga elit lainnya. Dari Inggris keempat wakil di kompetisi paling elit ini adalah Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur dan Liverpool.

Untuk Liga Spanyol kita sudah tahu pesertanya Barcelona, Atletico Madrid, Real Madrid, dan Valencia. Sementara untuk Liga Jerman keempat tim yang ikut serta adalah Bayern Munchen, Schalke 04, Hoffenheim, dan Borussia Dortmund.

Selain empat divisi elit itu, yang juga sudah pasti masuk babak penyisihan grup adalah tiga tim juara dari Perancis: PSG, AS Monaco, dan Lyon. Dua dari Rusia: Lokomotiv Moscow dan CSKA Moscow. Dan kemudian masing-masing satu dari Portugal, Ukraina, Belgia, Turki, dan Ceko.

Bagaimana menentukan negara-negara yang langsung masuk babak penyisihan grup? Mengapa Ukraina dan Ceko. Mengapa bukan Belanda? Itu ditentukan dari prestasi klub perwakilan negara dalam lima tahun terakhir, atau angka koefisiennya.

Dua tim yang masih harus berjuang dari babak play-off adalah Young Boys dari Swiss dan PSV Eindhoven dari Belanda. Selain mereka, masih ada sejumlah tim yang harus memperebutkan jatah sejak dari babak kualifikasi ketiga, kedua, dan pertama. Nama-namanya tak perlu disebutkan di sini karena beberapa kurang familiar.

Kapan pengundian babak grup dilakukan?
Undian untuk babak penyisihan grup akan dilakukan pada 30 Agustus 2018 di Grimaldi Forum di Monaco. Ke-32 tim tersebut akan diundi ke dalam delapan grup beranggotakan masing-masing empat tim, dengan batasan bahwa tim dari asosiasi yang sama tidak dapat dikelompokkan dalam grup yang sama.

Untuk undian, tim-tim tersebut diunggulkan ke dalam empat pot berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut (yang baru mulai diperkenalkan musim ini):

  • Pot 1 berisi juara bertahan Liga Champions dan Liga Europa, dan juara dari enam asosiasi teratas berdasarkan ranking koefisien negara UEFA tahun 2017. Jika salah satu atau kedua pemegang gelar adalah salah satu juara dari enam asosiasi teratas, juara dari asosiasi peringkat tertinggi berikutnya juga dimasukkan ke Pot 1.
  • Pot 2, 3 dan 4 berisi tim-tim yang tersisa, diurutkan berdasarkan koefisien klub UEFA tahun 2018.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.